Thursday, September 4, 2008

Permasalahan Pada Pengaktifan GPRS XL

Wordpress version

Jika kita membeli perdana XL bebas. Di halaman depan pasti terpampang logo “XL jangkauan luas”, dan “TARIF TERMURAH Rp. 0,1/dtk ke semua operator, serta photo Luna Maya yang siiip. Tapi di halaman depan tersebut tidaklah kupermasalahkan, itu sah-sah saja. Walaupun dalam kenyataannya untuk telpon yang Rp.0,1/dtk itu ada syaratnya…….
Di halaman belakang, terdapat tulisan :

Fitur Unggulan XL bebas
Kualitas GSM dan 3G dengan jangkauan nasional yang luas

  • Langsung aktif XL 3G
  • Gratis Roaming Nasional
  • Gratis roaming internasional (SMS)
  • Bisa berbagi pulsa dengan sesama XL
  • Layanan Data

Terus jika kita buka, juga terdapat tulisan yang hampir sama maksudnya dengan diatas.

Tambahan Fitur XL bebas lainnya :

  • ………
  • Langsung aktif XL-3G
  • ………
  • GPRS
  • MMS
  • Layanan Data
  • ……….

Kemudian kita buka SIMCard, kita pasang ke ponsel kita. Setelah registrasi kartu, kita matikan dan hidupkan ponsel lagi….. Wow… Settingan XL GPRS dan XL MMS langsung terpasang !!! Tapi jangan gembira dulu….. Lakukan browsing dengan internet dengan ponsel….. tidak bisa….. Data Connection not Available….. Mungkin kita mengira permasalahan di settingan GPRS yang otomatis tadi. Ternyata bukan (kalau gak percaya, silahkan setting via SMS (bayar)). Lalu dimanakah letak permasalahannya….. Telpon ke 817 (bayar Rp.350/nelpon), pasti dapat jawaban “kartunya sudah aktif…”, “Silahkan setting lewat SMS..”, “Permasalahan bukan pada kartunya tapi pada ponsel anda”, “Silahkan refress ponsel anda”, dll….. Jika berulang-ulang tepon, habislah pulsa kita dengan percuma…..

Mungkin menurutku untuk mengatasi ini, adalah laporan lewat email. seperti yang kulakukan pada waktu lalu….

Pengaktifan GPRS sulit
Wednesday, August 27, 2008 11:59 AM
From:
“Arief EW”

To:
“customerservice@xl.co.id”

Kartu saya dengan nomor 08170323****, dari pembelian kartu perdana sampai sekarang GPRS belum aktif.
Kucoba telpon 817, sangatlah payah. Waktu menunggu untuk dapat bicara Customer Representative XL, membutuhkan waktu lebih dari 5 menit. Itupun kadang-kadang putus sendiri. Hal tersebut mungkin tidak terlalu menjadi masalah jika tidak terkena Rp. 350/nelpon.
Dari beberapa telpon Customer Representative XL, semua mengatakan bahwa nomor diatas GPRS-nya sudah aktif. Jadi tidak ada masalah di kartunya, permasalahan ada ponselnya. Semua jawaban hampir sama.
1.Kuterangkan bahwa aku pakai ponsel Nokia 6210c yang dapat melakukan penyettingan GPRS dan MMS secara otomatis menurut Operator Selularnya. Oleh Customer Representative XL malah disuruh penyetingan MMS dan GPRS lewat SMS ke 9667. Setelah kulakukan GPRS NOKIA 6210, ternyata type HP tidak ada dan untuk nokia disuruh ganti dengan 6233. Kulakukan GPRS NOKIA 6233. Succes, dapat sms balasan. Save “Yes”. Kucoba buka browsing, tetap tidak bisa “Packet Data not Available. Cek Network Service”. Sama dengan sebelumnya. Kubuka setingan yang lewat OTA dan ternyata settingannya sama dengan yang otomatis lewat ponsel Nokia.
2. Kucoba pinjam kartu XL teman, kupasang di ponselku. Kucoba Browsing dengan settingan GPRS tetap, ternyata bisa connecting.
3. Kartuku kutancapkan ke ponsel teman yang pakai XL dan GPRS aktif. Gak bisa….
No.1,2,3 selalu kuterangkan pada Customer Representative XL tiap kutelpon 817. dari semua jawaban dan saran dari Customer Representative XL, ternyata belum ada jawaban yang memuaskan.
dari pembelian pulsa perdana yang mempunya pulsa awal Rp. 10.000,- karena masalah ini, sekarang tinggal Rp.6.080,- hanya untuk tepon 817 dan sms 9667 tanpa telpon dan sms lainnya.
Hendaknya “Luna Maya” memperhatikan masalah ini. Tidak hanya menonjolkan Rp 0,1/dt atau “sampai puasss”. Untuk sampai puas, ganti aja dengan “sampai jengkellll”
Apakah Kartuku tersebut di atasi masalahnya…. Jawab secepatnya. Mumpung belum isi pulsa lagi. Kalau tidak bisa, kubuang aja.

Setelah kukirim email tersebut (jam 12), sorenya mendapat jawaban bahwa email sudah masuk dan jam kerja untuk pemrosesan adalah pukul…….bla….bla….. Besok paginya mendapat email lagi dengan isi “… email anda sedang saya proses dan kami serahkan ke bagian yang terkait…….”. Malamnya GPRS kartuku aktif. Wah, photo Luna maya diganti dengan kamping aja !! mungkin lebih cocok….

No comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More